- Sekretariat Program Doktor Ilmu Ekonomi Kosentrasi Akuntansi
- Gedung Hendriawan Sie (S) Lt. 1
- Jl. Kyai Tapa No.1 Grogol-Jakarta Barat
- Tlp. 021 56969061, 5603646, 5663232, Pes. 8346, Fax. 021 5644270
Berita

Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi: Dr. I Gusti Ayu Asri Pramesti, SE., M.Si
Pada hari Kamis, 24 April 2025, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi dengan konsentrasi Akuntansi di Kampus A, gedung Hendriawan Sie (S), lantai 8. Dalam acara tersebut, Dr. I Gusti Ayu Asri Pramesti, S.E., M.Si. dinyatakan lulus sebagai doktor dengan predikat “Sangat Memuaskan”, menjadi lulusan ke-164 dari program doktoral ini.
Disertasi yang berjudul “Pengaruh Budaya Organisasi, Levers of Control, Manajemen Risiko, Dynamic Capability terhadap Kinerja Organisasi dengan Kepemimpinan Etis Sebagai Pemoderasi” mengkaji budaya organisasi, levers of control, manajemen risiko, dynamic capability, dan kepemimpinan etis terhadap kinerja organisasi. Penelitian ini memberikan kebaruan dalam pengukuran variabel budaya organisasi dengan menambahkan 2 dimensi dan 14 indikator baru.
Sidang ini dipimpin oleh Ketua Sidang, Prof. Dr. Yolanda Masnita Siagian, MM., CIRR., CMA, CPMA (Asia), dengan Promotor Prof. Dr. Etty Murwaningsari, Ak., MM., CA, dengan Co-Promotor Prof. Juniati Gunawan, SE.,M.Si.Ph.D. Tim penguji terdiri dari Dr. Murtanto, Ak., M.Si., CA., CPIA., CCFA; Dr. Regina Jansen Arsjah, Ak.M.Si.CA; Dr. Hendang Tanusdjaja, SE.MM.,Ak.CPA; Prof. Ratlan Pardede, MM.,MA,Ph.D.
Novelty Penelitian dengan menambahkan dimensi ruang kerja dan kepemimpinan transformasional pada variabel Budaya Organisasi yang sebelumnya oleh (Tulcanaza-Prieto et al., 2021). Penambahan dimensi ruang kerja dan kepemimpinan transformasional bertujuan untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan efektivitas karyawan yang dapat meningkatkan semangat kerja. Kepemimpinan transformasional berperan meningkatkan motivasi dan semangat bagi pengikutnya. Maka ruang kerja dan kepemimpinan transformasional menjadi hal penting dalam budaya organisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang kerja dapat dijadikan dimensi baru dalam mengukur budaya organisasi. Standarisasi ruang kerja mencakup beberapa aspek seperti, kenyamanan, tata letak, identitas organisasi, dan teknologi. Penambahan dimensi ruang kerja memberikan kontribusi dalam mendukung kinerja organisasi khususnya LPD (Lembaga Perkreditan Desa) di Bali. Namun variabel levers of control, manajemen risiko, dynamic capability tidak berpengaruh terhadap peningkatan kinerja organisasi. Kepemimpinan etis memperkuat pengaruh positif budaya organisasi terhadap kinerja organisasi, adapun kepemimpinan etis tidak mampu memperkuat pengaruh levers of control, manajemen risiko, dynamic capability terhadap kinerja organisasi.
Dengan pencapaian ini, Dr. I Gusti Ayu Asri Pramesti diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam bidang pengelolaan LPD khususnya dan organisasi lain pada umumnya untuk membantu organisasi dalam meningkatkan kinerjanya dengan memperhatikan ruang kerja melalui dimensi-dimensi yang dihasilkan dalam penelitian ini.