Berita

Berita Thumbnail
Rabu, 02 Juli 2025

Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi: Dr. Frihardina Marsintauli, S.E., M.Ak.

Pada Senin, 19 Mei 2025, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti menggelar Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi dengan konsentrasi Akuntansi di Kampus A, gedung Hendriawan Sie (S), lantai 8. Dalam acara tersebut, Dr. Frihardina Marsintauli, S.E., M.Ak. dinyatakan lulus sebagai doktor dengan predikat “Sangat Memuaskan”, menjadi lulusan ke-172 dari program doktoral ini.

Disertasi yang berjudul “ Pengaruh Orientasi Strategis, Ketidakpastian Lingkungan dan Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Reputasi Perusahaan dengan Agility sebagai Pemoderasi mengkaji pengaruh orientasi strategis, ketidakpastian lingkungan, dan sistem akuntansi manajemen terhadap reputasi perusahaan dengan agility sebagai variabel pemoderasi.

Sidang ini dipimpin oleh Ketua Sidang, Prof. Dr. Yolanda Masnita Siagian, MM., CIRR., CMA, CPMA (Asia), didampingi Ketua Konsentrasi Progaram Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Akuntansi Prof. Dr. Etty Murwaningsari, Ak., MM., CA, yang juga menjadi Sekretaris Ketua penguji. Promotor adalah Dr. Titik Aryati, Ak., MSi., CA dan co-promotor 1 Dr. Murtanto, Ak.,M.Si.,CA dan co-promotor 2 Dr. Yvonne Augustine, Ak., MM., CMA. Tim penguji terdiri dari Dr. Sekar Mayangsari, Ak., MSi., CA Prof. Dr. Istianingsih, MS., Ak., CA., CSRS.

Novelty Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh orientasi strategis, ketidakpastian lingkungan, dan sistem akuntansi manajemen (SAM) terhadap reputasi perusahaan dengan agility (kelincahan organisasi) sebagai variabel pemoderasi. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pengembangan dimensi orientasi strategis, yang sebelumnya terbatas pada orientasi pasar, teknologi, dan kewirausahaan. Peneliti menambahkan tiga dimensi baru, yaitu orientasi manajemen pengetahuan, sistem pengendalian manajemen, dan manajemen sumber daya manusia (SDM). Selain itu, pada orientasi teknologi juga ditambahkan indikator keamanan siber yang sebelumnya belum dibahas secara mendalam. Dimensi-dimensi ini dipilih berdasarkan kajian literatur dan fenomena empiris untuk meningkatkan relevansi dan kekuatan orientasi strategis dalam menghadapi persaingan pasar serta membangun reputasi perusahaan.

Dimensi orientasi manajemen pengetahuan menekankan pentingnya pengelolaan dan pertukaran pengetahuan sebagai sumber daya strategis perusahaan yang tidak dapat ditiru oleh pesaing. Sementara itu, sistem pengendalian manajemen menjadi sarana penting untuk menjamin efektivitas dan efisiensi operasional dalam menjaga kualitas produk dan jasa. Sedangkan orientasi pada manajemen SDM dipandang sebagai investasi penting karena SDM berperan dalam mendukung nilai-nilai perusahaan dan pencapaian kinerja terbaik. Di sisi lain, penambahan indikator keamanan siber dalam orientasi teknologi menegaskan pentingnya perlindungan data dan sistem informasi dalam era digitalisasi sebagai bagian dari tanggung jawab strategis perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model dengan dimensi baru memberikan peningkatan nilai R-square, yang berarti model tersebut mampu menjelaskan reputasi perusahaan dengan lebih baik. Uji ekspansi pertama menunjukkan bahwa orientasi pasar, teknologi, SDM, dan sistem pengendalian manajemen memiliki pengaruh positif terhadap reputasi perusahaan, sedangkan orientasi kewirausahaan dan manajemen pengetahuan tidak berpengaruh signifikan. Pada uji ekspansi kedua, ditemukan bahwa hanya variabel visibilitas yang berbeda secara signifikan antara perusahaan yang terdaftar dan tidak terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sementara variabel lainnya tidak menunjukkan perbedaan.

Agility terbukti memiliki peran penting dalam memoderasi hubungan antara variabel-variabel bebas dengan reputasi perusahaan. Agility memperkuat pengaruh sistem akuntansi manajemen terhadap reputasi, dan secara signifikan mengurangi dampak negatif dari ketidakpastian lingkungan. Namun, adaptasi yang terlalu sering dan cepat dapat berdampak negatif bagi perusahaan, seperti kehilangan arah strategis, ketidakstabilan persepsi publik, serta meningkatnya tekanan pada sumber daya manusia. Oleh karena itu, perusahaan perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan strategis jangka pendek.

Dengan pencapaian ini, Dr. Frihardina Marsintauli diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi berbagai pemangku kepentingan. Bagi perusahaan, hasil ini menjadi acuan untuk memperkuat keputusan strategis, fokus pada orientasi pasar, pengelolaan pengetahuan, dan sistem pengendalian, serta mengembangkan sistem akuntansi manajemen yang fleksibel. Bagi investor, reputasi dan kemampuan adaptif perusahaan dapat menjadi indikator penting dalam menilai potensi dan keberlanjutan bisnis. Sementara bagi auditor dan manajemen risiko, penting untuk memperluas perspektif audit tidak hanya pada kepatuhan, tetapi juga pada kemampuan adaptasi perusahaan serta efektivitas sistem pengendalian internal untuk mencegah risiko reputasi. Pengawasan yang terintegrasi dalam proses bisnis dan melekat pada seluruh elemen organisasi menjadi kunci dalam menciptakan reputasi perusahaan yang kuat dan berkelanjutan.

Floatin Button
Floatin Button